Wednesday, September 18, 2013

Bunyi yang sering terdengar dalam pesawat

Sekolah Penerbangan



Saat naik pesawat, traveler seringkali mendengar bunyi saat pesawat lepas landas, mendarat, hingga saat terbang di udara. Jangan khawatir, berikut adalah penjelasan dari bunyi-bunyi yang ada di pesawat.

Seperti dilansir dari USA Today semua hal yang berhubungan dengan bunyi pesawat kepada kapten pesawat yang ahli dibidangnya seperti Kapten John Cox yang sudah mendapat profesional lisence pilot . Berikut adalah pertanyaan tentang bunyi di pesawat yang paling sering ditanyakan oleh penumpang:

1. bunyi dentum dari roda pesawat ketika lepas landas

Itu adalah bunyi dari roda pendaratan utama pesawat yang akhirnya menarik kembali ke tempatnya sesudah pesawat lepas landas. Bunyi dentum tersebut terjadi karena bagian pendaratan pesawat itu.

2. bunyi 'beep' dari kokpit di pesawat jenis CRJ sekitar 30-60 detik sebelum mendarat

Kemingkinan besar itu adalah suara yang Anda dengar ketika mode autopilot dimatikan. Pesawat modern memiliki semacam bunyi peringatan ketika mode autopilot dimatikan, atau dimatikan secara manual. Bunyi itu memberitahukan pilot untuk bersiap menerbangkan pesawat secara manual.

3. Saat pesawat masih berjalan di landasan, ada bunyi mirip putaran atau rotasi mesin seperti alat hidrolik di bengkel

Mungkin merujuk pada pesawat Airbus A320 ketika Power Transfer Unit (PTU) menyala saat pesawat berjalan pelan di landasan. Banyak juga yang bilang bunyinya seperti gonggongan anjing, gerung mobil NASCAR, atau gergaji. Bunyi itu merupakan bunyi normal dari PTU saat menyalakan satu sistem hidroliknya.

4. bunyi dengan nada tinggi terputus-putus ketika pesawat berjalan pelan di landasan

Bunyi tinggi itu bisa saja datang dari beberapa sumber. Hal itu bisa dari kaca dalam pesawat ketika pesawat mendarat, roda penopang juga dapat mengeluarkan bunyi tinggi sesekali, atau sebab lainnya. Suara mesin saat pesawat sedang berjalan pelan di landasan tidak mengeluarkan bunyi tinggi. 





Sumber : Flybest Flight Academy Indonesia


No comments:

Post a Comment