Tuesday, September 17, 2013

Beberapa faktor kecelakaan pesawat karena kualitas dari Flight Academy

Banyaknya kecelakaan pesawat merupakan salah satu hal yang paling ditakuti wisatawan. Sebenarnya, apa saja penyebab kecelakaan pesawat? dalam kecelakaan pesawat biasanya dipastikan awalnya alam lah yang menjadi 'tersangka' utamanya. Selain adanya faktor alam, hasil dari flight academy yang buruk menghasilkan pilot yang ceroboh yang bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan pesawat. Seperti dikutip dari situs BBC, kesalahan taktis yang berhubungan dengan tindakan pilot yang tidak disiplin sewaktu mendapatkan linsensi di flight academy nya bisa menyebabkan kesalahan pada Penerbangan. 

Adapun kecelakaan pesawat terbang selalu dihubungkan dengan tiga faktor penyebab, yaitu faktor manusia, faktor pesawat terbang (machine), dan faktor media antara lain cuaca. Menurut statistik faktor manusia mempunyai andil paling besar yaitu 66%; disusul faktor pesawat terbang 31.8% dan faktor cuaca 13.2%. Ketiga faktor penyebab tersebut biasanya tidak berdiri sendiri, melainkan bisa merupakan gabungan dari dua atau tiga faktor sekaligus.




Untuk menghindari kesalahan manusia, ada pedoman pilot di setiap flight academy dan departemen penerbangan yang berlaku di seluruh dunia, seperti pilot jam terbangnya agar bisa diangkat menjadi kapten dalam penerbangan tersebut. Selain itu, jam istirahat mereka pun harus mencukupi. 

ini ada beberapa tips yang benar agar flight academy menjadikan seorang pilot yang profesional 

1.Flight Academy harus mempekerjakan instruktur profesional. Kualitas peserta didik tergantung pada instruktur yang mendidik dan melatihnya diflight academy tersebut. Tidak heran, bahkan instruktur penerbangan didatangkan dari luar negeri untuk memberikan pengajaran terbaik kepada para calon pilot. Jumlah instrukturnya pun harus disesuaikan dengan jumlah peserta didiknya.

2. Harus menyediakan pesawat latih yang cukup dan memadai. Flight Academy juga harus mempunyai Jumlah pesawat latih sekolah pilot setidaknya sama dengan jumlah peserta didik agar tiap-tiap dari mereka dapat menggunakannya untuk latihan terbang. Bukan hanya masalah jumlah, melainkan juga kualitas pesawat latih di flight academy tersebut juga harus bagus untuk memaksimalkan pelatihan dan mengurangi risiko kecelakaan yang kerap terjadi saat ini.

3. Flight Academy harus menerapkan kedisiplinan. Disiplin merupakan aspek terpenting untuk menciptakan pilot-pilot yang berkualitas. Selama masa pelatihan dan pendidikan, di asrama, para siswa calon pilot harus menerapkan kedisiplinan yang tinggi.



Sumber : Flybest Flight Academy | NextDigital Marketing Agency Indonesia

No comments:

Post a Comment